Jumat, 19 Juni 2015

Permasalah  yang banyak dialami oleh pengguna linux salah satunya adalah setting brightness yang sementara. Apabila kalian menyetting brightness melalui setting linux maka yang terjadi setelah boot adalah brightness anda kembali pada settingan maksimal, dan itu cukup menyebalkan. mungkin banyak dari kalian sudah menerapkan cara-cara untuk mengatasi permasalahan tersebut yang kalian dapatkan dari internet. Biasanya cara yang paring kita sering jumpai di internet adalah menggunakan script seperti dibawah ini di /etc/rc.local :


echo 0 > /sys/class/backlight/acpi_video0/brightness

setelah saya usut dan teliti ternyata cara itu kurang maksimal dalam menurunkan brightness memang permanent tapi kurang maksimal. Brightness yang dihasilkan juga masih terang walaupun dengan setting terendah.

Kali ini saya akan berikan trik yang lebih bagus untuk setting brightness secara permanen dan bisa menurunkan brightness secara maksimal.
Caranya adalah menggunakan x backlight
Lakukan langkah-langkah berikut dengan benar :

1. Install xbacklight dari repository

sudo apt-get install xbacklight




2. Kemudian buka Startup Applications, Letaknya di Applications - System Tool - Preferences - Startup Application (saya menggunakan kali linux, kadang beda distro beda letaknya).




3. Kemudian klik add isi namanya sesukamu dan isi command dengan xbacklight -set [nilai sesukamu] , kalu punya saya xbacklight -set 20 artinya saya menentukan nilai brightnessny 20% dan setelah saya teliti nilai brightnessnya dengan brightnessnya memang sesuai (bisa mensetting brightness sampai paling gelap) .



software xbacklight adalah pilihan yang cocok bagi kalian yang ingin membuat settingan brightness permanen. Semoga artikel ini berguna bagi kalian, tunggu update artikel tutorial linux yang menarik dari saya , ikuti blog ini terus ya.
Terimakasih : sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

BREAKING NEWS :
Loading...